Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Peserta Didik Kelas V

  • Tristina Aprilia Sugiarti S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi peneliti ketika melaksanakan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) di UPT SD Negeri 231 Gresik. Peneliti menjumpai minimnya keterampilan merangkai peserta didik dalam menusun kalimat terutama pada materi eksplanasi. Untuk merespon hal itu, maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghitung seberapa besar pengaruh metode pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan merangkai peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Peneliti mengambil sampel 27 peserta didik di kelas VA sebagai kelas standar dan 27 peserta didik di kelas VB sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan merangkai teks eksplanasi peserta didik setelah diberi treatment. Dari data maka dapat direkomendasikan kepada para pengajar untuk menggunakan metode pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan merangkai tek eksplanasi untuk meningkatkan hasil belajar serta melibatkan peserta didik secra aktif dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Keterampilan merangkai, teks eksplanasi, metode pembelajaran picture and picture.

  

Abstract

This research was motivated by observational data from researchers when carrying out the Introduction to the School Environment (PLP) at UPT SD Negeri 231 Gresik. Researchers found the lack of students' writing skills in composing sentences, especially in explanatory material. To respond to this, the researchers conducted a study that aimed to calculate how much influence the picture and picture learning metode had on the writing skills of fifth grade students. This study uses quantitative research. The researcher took a sample of 27 students in class VA as the control class and 27 students in class VB as the experimental class. The results showed that there was a significant effect on students' writing explanatory text skills after being given treatment. From the data, it can be recommended for teachers to use the picture and picture learning metode for explanatory writing skills to improve learning outcomes and involve students actively in the learning process.

Keywords: Writing skills, explanatory text, picture and picture learning metode

 

Published
2023-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 25