PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI IMAGE CERITA FABEL UNTUK KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Rahma Devi Savitri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Kesulitan menulis yang dialami siswa di jenjang sekolah dasar terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kerap terjadi karena kurangnya pemahaman mengenai penguasaan kosakata, mengembangkan ide, gagasan, dan keterbatasan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan pada keterampilan menulis adalah multi image yang memuat lebih dari 1 gambar tanpa adanya teks cerita di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media multi image cerita fabel terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Wonokromo1/390 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media memperoleh persentase 92% dan validasi materi sebesar 97,5%. Selanjutnya dari hasil angket respon siswa menunjukkan persentase 93,76% dan respon guru sebesar 96%. Selain itu, hasil keefektifan media menunjukkan persentase 84,01%.

Kata Kunci: kevalidan, kepraktisan, keefektifan, media multi image, keterampilan menulis

  

Abstract

Writing difficulties experienced by students at the elementary school level, especially in Indonesian subjects, often occur due to a lack of understanding regarding vocabulary mastery, developing ideas, ideas, and limitations of learning media. One of the learning media that can be used in writing skills is multi-image which contains more than 1 image without any story text in it. This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of fable story multi-image media on the writing skills of fourth grade students at SDN Wonokromo1/390 Surabaya. This research is a type of ADDIE model development research. The results showed that media validation obtained a percentage of 92% and material validation of 97.5%. Furthermore, the results of the student response questionnaire showed a percentage of 93.76% and the teacher's response was 96%. In addition, the media effectiveness results show a percentage of 84.01%.

Keywords: validity, practicality, effectiveness, multi image media, writing skills.  

Published
2023-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 40