PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS TEKS SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Ilham Akhdan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kesulitan siswa kelas II sekolah dasar dalam kemampuan menulis teks melatarbelakangi dilakukannya penelitian dengan menggunakan media gambar berseri ini. Adanya media ini membantu siswa dalam menulis teks sesuai gambar berseri yang disediakan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media dan hasil belajar menulis teks siswa. Penelitian berjenis kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik observasi dan tes dalam pengumpulan datanya. Selanjutnya data yang ada diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecermatan dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran penggunaan media gambar berseri terbukti dapat menjadikan pembelajaran berlangsung dengan memenuhi karakter operasional konkret siswa. Terdapat penjelasan, pemodelan, pendampingan, dan pembahasan menjadikan pembelajaran efektif membantu siswa meraih pencapaian menulis teksnya. (2) Hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuanĀ  siswa dalam menulis teks. Dapat disimpulkan, media gambar berseri dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

Published
2023-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 479