PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • Lean Ardana Putra Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi sistem tata surya kelas VI sekolah dasar yang layak dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), adalah metode yang digunakan dalam penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas VI SDN Japanan 1. Dalam penelitian ini, jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif yang dikembangkan layak digunakan oleh peserta didik kelas VI sekolah dasar. Hal ini diperkuat dengan hasil validasi media yang mencapai persentase sebesar 92% dan validasi materi mencapai persentase sebesar 93%, kuisioner respon guru sebesar 95,38% dan kuisioner respon peserta didik sebagai pengguna media sebesar 94,03%, serta nilai rata-rata pretest dan posttest peserta didik yang meningkat dari 45 menjadi 71,81 dengan persentase ketuntasan 77,27%, dan terdapat peningkatan yang signifikan dalam analisis N-gain dengan rata-rata 0,48 kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 materi sistem tata surya ini layak digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Articulate Storyline 3, Sistem Tata Surya

This study aims to produce interactive learning multimedia based on Articulate Storyline 3 on solar system material for grade VI elementary school that is feasible in terms of validity, practicality, and effectiveness. Research and development using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) is the method used in the research. The subjects of this study were 22 grade VI students of SDN Japanan 1. In this study, the types of data obtained were qualitative and quantitative data. The results showed that the interactive media developed was suitable for use by grade VI elementary school students. This is reinforced by the results of media validation which reached a percentage of 92% and material validation reached a percentage of 93%, teacher response questionnaires of 95.38% and student response questionnaires as media users of 94.03%, as well as the average pretest and posttest scores of students who increased from 45 to 71.81 with a percentage of completeness of 77.27%, and there was a significant increase in N-gain analysis with an average of 0.48 moderate category. Thus, it can be concluded that this interactive learning media based on Articulate Storyline 3 solar system material is feasible to use and can be utilized in learning.

Keywords: Development, Articulate Storyline 3, Solar System

Published
2023-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 67