UPAYA SISWA SEBAGAI KORBAN DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN YANG TERJADI DI SEKOLAH DASAR

  • Genlady Al Fath Mileni Aji Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Maraknya kasus perundungan di lingkungan sekolah memiliki dampak bagi korban berupa depresi dan rasa trauma yang dialami, sehingga membuat perubahan pada emosi korban. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan mengenai perspektif korban terhadap perundungan yang dialami dan upaya korban mengatasi perundungan yang terjadi untuk memulihkan kondisi korban menjadi lebih baik. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode studi kasus untuk mengkaji secara mendalam mengenai perasaan dan emosional korban terhadap perundungan yang dialami di sekolah dasar. Informan penelitian menggunakan 2 siswa yang menjadi korban perundungan di UPT SD Negeri 226 Gresik. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa korban mengalami perundungan verbal dan fisik, sehingga berdampak kepada emosional berupa kecemasan, ketakutan, dan depresi. Dukungan yang diberikan dari awal sangat kurang sehingga korban sulit mengontrol emosi saat mengalami perundungan. Perundungan yang dialami, membuat penerimaan diri korban berbeda-beda disebabkan dukungan dari lingkungan sekitar, termasuk guru. Selain itu, korban memiliki upaya yang berbeda dalam mengatasi perundungan berdasarkan penerimaan diri terhadap kondisi yang dialami.

Kata Kunci: korban, perundungan, sekolah dasar

  

Abstract

The rise of cases of bullying in the school environment has an impact on victims in the form of depression and a sense of trauma experienced, thus making changes to the victims' emotions. This study aims to provide insights into the victim's perspective on the bullying experienced and the victim's efforts to overcome the bullying that occurs to restore the victim's condition to be better. The approach used is qualitative with the case study method to examine in depth the feelings and emotions of victims of bullying experienced in elementary schools. The research subjects used 2 student informants who were victims of bullying in UPT SDN 226 Gresik. Based on the results obtained, the victim experienced verbal and physical abuse, so that it had an emotional impact in the form of anxiety, fear, and depression. The support given from the start was so lacking that it was difficult for victims to control their emotions when they experienced bullying. The bullying experienced makes the victim's self-acceptance vary due to support from the surrounding environment, including the teacher. In addition, victims have different efforts to deal with bullying based on self-acceptance of the conditions they are experiencing.

Keywords: victim, bullying, elementary school   

Published
2023-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 31