PENGEMBANGAN MEDIA “UTAMA” DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH KELAS III SD

  • Farrah Inne Zakiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati

Abstract

Pada zaman modern seperti sekarang dibutuhkan inovasi baru dalam dunia pendidikan agar pembelajaran menjadi lebih hidup dan berdampak bagi peserta didik. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran, karena media pembelajaran memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dari pendidik kepada peserta didik. Maka dari itu dilakukan adanya pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan konsep permainan yaitu media “UTAMA” (Ular Tangga Manusia) pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media “UTAMA” dan mendeskripsikan kelayak media “UTAMA”. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) hasil validasi ahli materi sebesar 89,58%; (2) hasil validasi ahli media sebesar 92,85%; (3) hasil lembar angket respons peserta didik sebesar 85,62%; (4) hasil lembar observasi pengguna media sebesar 100%; dan (5) hasil perhitungan uji N – Gain pre test & post test sebesar 0,63. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “UTAMA” layak digunakan pada pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan media, Permainan, Media “UTAMA”, Operasi hitung campuran bilangan cacah.

 

In modern times like now, new innovations are needed in the world of education so that learning becomes more alive and has an impact on students. One of the innovations that can be done is to develop learning media, because learning media has an important role in conveying messages from educators to students. Therefore, the development of learning media is carried out by utilizing the concept of the game, namely the "UTAMA" media (Ular Tangga Manusia) on the material for calculating mixed numbers of numbers. This study aims to describe the process of developing "UTAMA" media and describe the feasibility of "UTAMA" media. This development research uses the ADDIE model with 5 stages. The results of this study are: (1) material expert validation results of 89.58%; (2) media expert validation results of 92.85%; (3) the results of the student response questionnaire sheet amounted to 85.62%; (4) the results of media user observation sheets amounting to 100%; and (5) calculation result of test N – Gain pre test & post test of 0,63. From the research data, it can be concluded that the "UTAMA" learning media is suitable for use in learning.

Keywords: Media development, Games, “UTAMA” media, Mixed count operations of numeric numbers.

 

Published
2023-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 67