PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN DETEKTIF UNTUK KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Muhammad Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Papan Detektif untuk pembelajaran bahasa Indonesia dengan fokus penelitian pada keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas IV sekolah dasar.  Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan. Tahapan tersebut dimulai dari tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, kemudian tahap evaluasi. Media yang dikembangkan pada kemudian divalidasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi. Setelah dinyatakan valid oleh validator media kemudian diuji coba pada siswa dengan skala kecil dan skala besar. Data penelitian didapat dari lebar validitas ahli media, lembar validitas ahli materi, lembar angket respons siswa, lembar angket guru, dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan validitas ahli media memperoleh nilai sebesar 86,31% dan validitas ahli materi memperoleh nilai sebesar 91 %, masing-masing memperoleh kriteria Valid. Media Papan Detektif juga mendapat respons kepraktisan yang tinggi dari siswa sebagai pengguna dan guru sebagai pengawas, dengan nilai masing-masing sebesar 85,66 % dan 85 %. Selain itu, media Papan Detektif juga efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keterampilan menulis teks argumentasi dengan hasil tes memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,703. Dapat disimpulkan bahwa, media Papan Detektif yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran keterampilan menulis teks argumentasi siswa kelas IV sekolah dasar.

Published
2023-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 37