Implementasi Sekolah Adiwiyata Dalam Merancang IPMLH Pada Program Gerakan PBLHS di SD Negeri Tanah Kalikedinding II/252 Surabaya

  • Achmad Mustafa Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses penyusunan IPMLH yang dilakukan oleh Tim Adiwiyata, proses integrasi IPMLH terhadap program Gerakan PBLHS, dan faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program Adiwiyata. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus yang menggunakan teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses penyusunana IPMLH yang dilakukan oleh Tim Adiwiyata dengan melakukan evaluasi EDS dan observasi terkati potensi dan masalah yang dimiliki sekolah lalu di didiskusikan rapat bersama untuk disusun menjadi dokumen IPMLH. Pada proses integrasi IPMLH terhadap program Adiwiyata yang dilakukan oleh Tim Adiwiyata itu dilakukan dengan melakukan rapat penyusunan dengan seluruh Tim Adiwiyata kemudian disetujui oleh seluruh Tim Adiwiyata kemudian program tersebut disusun menjadi dokumen Rencana Gerakan PBLHS. Faktor pendukung dari pelaksanaan program adiwiyata ketersedianya sarana prasarana penunjang, adanya Sumber Daya Manusia yang mendukung aktif dalam pelaksaan program adiwiyata, dan Sumber Daya Alam yang memadahi yang ada di sekolahh ini, sedangkan faktor penghambat lebih pada masih kurangnya kesadaran Peserta Didik terkait kebijakan peduli tentang lingkungan, ada beberapa kegiatan yang kurang anggaran, dan kurangnya tenaga ahli dalam pelaksanaan program Adiwiyata tersebut.

Kata Kunci: IPMLH, Sekolah Adiwiyata, Gerakan PBLHS

 

This study aims to determine the process of preparing IPMLH carried out by the Adiwiyata Team, the process of integrating IPMLH into the PBLHS Movement program, and the supporting and inhibiting factors of implementing the Adiwiyata program. this research uses case study qualitative research which uses data collection techniques, namely interviews, observations, and documentation studies. The results of this study indicate that the process of compiling IPMLH carried out by the Adiwiyata Team by conducting EDS evaluations and observations regarding the potential and problems of the school then discussed at a joint meeting to be compiled into an IPMLH document. In the process of integrating IPMLH into the Adiwiyata program carried out by the Adiwiyata Team, it is carried out by conducting a preparation meeting with the entire Adiwiyata Team then approved by the entire Adiwiyata Team then the program is compiled into a PBLHS Movement Plan document. Supporting factors for the implementation of the adiwiyata program are the availability of supporting infrastructure, the existence of Human Resources who actively support the implementation of the adiwiyata program, and the adequate Natural Resources available at this school, while the inhibiting factors are more on the lack of awareness of Learners regarding caring policies about the environment, there are several activities that lack budget, and the lack of experts in the implementation of the Adiwiyata program.

Keywords: IPMLH, Adiwiyata School, PBLHS movements

Published
2023-07-08
Section
Articles
Abstract Views: 220
PDF Downloads: 126