PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENGUATKAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Irena Lisfi Irmareta Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan video animasi untuk menguatkan literasi budaya dan kewarganegaraan kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode mixed method. Hasil observasi yang didapatkan bahwa peserta didik lebih mudah memahami menggunakan video animasi dibandingkan dengan buku pembelajaran. Hasil penelitian ini yakni penskoran hasil uji validasi oleh ahli media dan ahli materi dalam bentuk presentase. Hasil yang didapat dari uji validasi media yakni … sedangkan hasil uji materi sebesar 94,55%. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yakni 26 peserta didik pada kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan 24 peserta didik pada kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dari uji t untukposttestantarakelaskontroldengankelaseksperimendidapatkan = 2,842 lebih besardaripada=1,684 maka dapat disimpulkan bahwa bahwa ditolak dan diterima, yang berarti ada perbedaan hasil kemampuan literasi peserta didik antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen atau dengan kata lain kegiatan literasi membaca buku pembelajaran dengan kegiatan literasi menonton video animasi akan menghasilkan kemampuan berliterasi yang berbeda. Hal tersebut diperkuat dengan adanya penyebaran angket yang disebarkan di akhir proses pembelajaran pada kelas eksperimen dengan jumlah 24 peserta didik yang telah menggunakan video animasi memperoleh hasil presentase sebesar 98,92% dengan itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi mudah dipahami oleh pesertadidik.
Kata kunci : video animasi, penguatan literasi, literasi budaya dan kewarganegaraan.

Published
2023-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 11