Pengaruh Metode Bercerita Pengalaman yang Mengesankan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN Gungsari III Surabaya

  • vinka oktavia Universtas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan berbicara dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar digunakan sebagai alat untuk menyampaikan dan menerima pendapat, informasi, dan gagasan. Metode yang dibutuhkan pada masa sekarang untuk menstimulasi kemampuan berbicara peserta didik sekolah dasar adalah metode bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita pengalaman yang mengesankan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Gunungsari III Surabaya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil pretest dan posttest yang diuji t-test. Didapatkan dari uji paired sample T-Test yaitu sebesar 2,035 pada taraf signifiksi 5% untuk mengetahui adanya pengaruh metode bercerita pengalaman yang mengesankan terhadap peningkatan keterampilan berbicara. Diketahui thitung ≥ ttabel (15.469> 2,035), maka dapat disimpulkan bahwa variabel tersebut dapat diterima serta adanya hasil peningkatan pretest dan posttest yang signifikan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa metde bercerita pengalaman yang mengesankan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berbicara peserta didik.  

Kata Kunci: Metode Bercerita, Keterapilan Berbicara.

 

Speaking skills in teaching and learning activities in elementary schools are used as a tool to convey and receive opinions, information, and ideas. The method needed today to stimulate elementary school students' speaking skills is the storytelling method. This study aims to determine the effect of the method of telling memorable experiences on improving speaking skills of class III students at SDN Gunungsari III Surabaya. The data obtained in this study were in the form of pretest and posttest results tested by t-test. Obtained from the paired sample T-Test, which is equal to 2.035 at a significance level of 5% to determine the effect of the method of telling impressive experiences on improving speaking skills. It is known that tcount ≥ ttable (15,469 > 2.035), so it can be concluded that these variables are acceptable and there is a significant increase in pretest and posttest results. Based on these data it can be concluded that the method of telling memorable experiences has an effect on improving students' speaking skills.

Keywords: Storytelling Method, Speaking Skills.

Published
2023-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 33