EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN SUBSTITUSI KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN DUPAK 1 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran papan substitusi kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Dupak 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode mixed method. Kuantitatif dengan desain eksperimen posttest-only control design. Sampel penelitian ini siswa kelas 1A (Kelas kontrol) dan kelas eksperimen (1B). Terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 antara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil nilai rata -rata posttest kelompok kontrol 74,46 dan kelompok eksperimen 81,61. Hal ini menunjukkan hasil belajar dalam menggunakan media pemebalajaran papan substitusi kata efektiv terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 dapat diketahui berdasarkan hasil hipotesis dengan Independent Sampel T-Test dan didapatkan nilai sig (2 tiled) 0.002 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Efektivitas, media papan substitusi kata, membaca permulaan