PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA LITERASI (ULTRASI) UNTUK MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

  • Mawaddatul Afaf Mawaddatul Afaf Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran ular tangga literasi (Ultrasi) yang valid, praktis dan efektif pada siswa kelas I sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu : analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ialah peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Untuk menghasilkan kevalidan media pembelajaran Ular Tangga Literasi (Ultrasi) mendapat 88% dari ahli media, mendapat skor 88% dari ahli materi. Untuk mengetahui kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa mendapat skor 96% dari uji coba skala kecil, 94,93% dari uji coba skala besar dan hasil respon guru mendapat 89,23%. Untuk mengetahui keefektifan dilakukan pretest dan post-test dengan skor 74% dan 88% dari uji coba skala kecil, 70%% dan 88% dari uji coba skala besar dengan kategori sangat layak.

Kata Kunci: Pengembangan, Ular Tangga, Literasi, Membaca Permulaan

Published
2023-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 68