PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER DONGENG UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Izzatul Muhida Izzatul Muhida Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan adalah untuk menghasilkan kevalidan, kepraktisan, keefektifan dari
media kalender dongeng untuk keterampilan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian
pengembangan menggunakan jenis penelitian Research and Development, model pengmabnagn ADDIE
dengan lima tahapan, yaitu analisis, design, development, implementasi, dan evaluasi, untuk
menghasilkan kevalidan media kalender dongeng mendapatkan 88,8% dari ahli media, dan ahli materi
memperoleh 88%. Untuk mengetahui kepraktisan angket guru memperoleh 91%, amgket siswa skala
kecil memperoleh 86% dan skala besar memperoleh 89,1%. Untuk mengetahui keefektifan dilakukan pre-
test dan post-test. Untuk pre-test skala kecil memperoleh 72% dan post-test memperoleh 90,8%. Untuk
pre-test skala besar memperoleh 71,2% dan skala besar memperoleh 83,8%. Dinyatakan bahwa hasil
kevalidan, kepraktisan, keefektifan media kalender dongeng termasuk kategori sangat valid, sangat
efektif, dan sangat praktis.
Kata Kunci: pengembangan, kalender dongeng, minat, keterampilan membaca

Published
2023-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 53