PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS 5W1H UNTUK KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Hesti Dwi Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Salah satu kemampuan yang paling penting untuk dimiliki siswa di sekolah adalah menulis. Media audio visual ialah media yang dapat dipilih dan digunakan  agar menarik minat dan mengambil perhatian peserta didik. murid menghadapi beberapa masalah saat pembelajaran berlangsung di kelas, yaitu 1) kemampuan menyimak dan memahami peserta didik masih lemah, 2) peserta didik sedikit kesulitan menuliskan kembali dari apa yang telah disimaknya, dan 3) media pembelajaran yang kurang beragam yang digunakan oleh guru di dalam kelas menyebabkan siswa menjadi cepat tidak tertarik dan kurang terlibat, sehingga mempengaruhi hasil tangkapan dari ujaran yang telah guru sampaikan. Tujuan di dalam penelitian ini adalah bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Audiovisual berbasis 5W1H untuk keterampilan menulis narasi siswa kelas 5 sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk R&D menggunakan Model ASSURE dengan preteste posttest serta uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan media. Dari penelitian yang telah dilakukan media  memiliki nilai validasi 87% untuk media dan 91,2% untuk materi dengan kategori sangan valid, 96,2% nilai kepraktisan oleh guru dan 86,4% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis, nilai keefektifan peningkatan 0,62 dari N-Gain yang memiliki kategori sedang dan nilai efektivitas pembelajaran 91,6% dan 82% dari guru dan peserta didik dengan kategori sangat efektif.

Kata Kunci: media audio visual, 5W1H, ASSURE.                              

  

Abstract

One of the most important abilities for students to have in school is writing. Students face several problems when learning takes place in the classroom, namely 1) the ability to listen and understand students is still weak, 2) students have little difficulty writing back what they have heard, and 3) the lack of diverse learning media used by teachers in the classroom causes students to become quickly disinterested and less involved, thus affecting the capture of the speech that the teacher has conveyed. The purpose of this study is how the validity, practicality, and effectiveness of Audiovisual media based on 5W1H for narrative writing skills of grade 5 elementary school students. This research was conducted as a form of R&D using the ASSURE Model with preteste posttest as well as testing the validity, practicality, and effectiveness of the media. From the research that has been done, the media has a validation value of 87% for media and 91.2% for material with a very valid category, 96.2% practicality value by teachers and 86.4% by students with a very practical category, an effectiveness value of 0.62 increase from N-Gain which has a moderate category and a learning effectiveness value of 91.6% and 82% from teachers and students with a very effective category.

Keywords: audio visual media, 5W1H, ASSURE

Published
2023-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 127