IMPLEMENTASI KARAKTER KRITIS DAN KREATIF PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PEMBUATAN TONG CAT DI SDN RUNGKUT MENANGGAL 1 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring dan evaluasi pada projek Penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembuatan tong cat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan Proyek P5 sudah berjalan dengan baik mulai dari pembentukan tim, sarana prasarana, alokasi waktu, penentuan tema dan pembuatan modul proyek. Pelaksanaan kegiatan sudah dilakukan dengan baik, siswa antusias dalam mengikuti kegiatan dan dapat memunculkan dimensi kritis dan kretif. Monitoring kegiatan berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan perencanaan. Kegiatan evaluasi dirancang sebagai tindak lanjut dari kegiatan P5. Projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembuatan tong cat.
PDF Downloads: 64