IMPLEMENTASI KARAKTER KRITIS DAN KREATIF PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PEMBUATAN TONG CAT DI SDN RUNGKUT MENANGGAL 1 SURABAYA

  • Amanda Fara Farasida Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana Proses Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring dan evaluasi pada projek Penguatan profil pelajar Pancasila melalui pembuatan tong cat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan Proyek P5 sudah berjalan dengan baik mulai dari pembentukan tim, sarana prasarana, alokasi waktu, penentuan tema dan pembuatan modul proyek. Pelaksanaan kegiatan sudah dilakukan dengan baik, siswa antusias dalam mengikuti kegiatan dan dapat memunculkan dimensi kritis dan kretif. Monitoring kegiatan berjalan dengan baik  dan telah sesuai dengan perencanaan. Kegiatan evaluasi  dirancang sebagai tindak lanjut dari kegiatan P5. Projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembuatan tong cat.

Published
2023-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 40