Keefektifan Media Pembelajaran Gambar Berseri Digital Pada Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran gambar berseri digital pada keterampilan menulis narasi di kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Labschool 2 Surabaya dengan 46 peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain yang digunakan pretest-posttes, dan control group design. Hasil penelitian dengan perhitungan menggunakan SPSS ditemukan rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 12,043 dan kelompok eksperimen adalah 12,478. Dengan selisih diantara keduanya adalah 0,435. Pada pengolahan data diperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, hipotesis yang diajukan diterima yakni terdapat keefektifan penggunaan media pembelajaran gambar berseri digital pada keterampilan menulis narasi kelas IV SD Labschool UNESA 2 Surabaya kelompok eksperimen.
Kata Kunci: Gambar Berseri Digital, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia, PGSD
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of digital serial image learning media on narrative writing skills in grade IV elementary schools. The study was conducted at SD Labschool 2 Surabaya with 46 students. This research method is quantitative research with the type of experimental research and design used pretest-posttest, and control group design. The results of the study with calculations using SPSS found the average posttest of the control group was 12,043 and the experimental group was 12,478. The difference between the two is 0.435. In data processing, Sig (2 tailed) values of 0.000 < 0.05 are obtained, then Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, the proposed hypothesis was accepted, namely that there was an effectiveness in the use of digital serial image learning media in the narrative writing skills of grade IV SD Labschool UNESA 2 Surabaya experimental group.
Keywords: Digital Radiant Image, Writing Skills, Indonesian, PGSD