Pengembangan Media CORDBAR Menggunakan Model Pembelajaran TGT Materi Luas Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media Cordbar yang valid dan praktis menggunakan model pembelajaran TGT pada materi luas bangun datar kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalimati 1 dan melibatkan 29 siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari menganalisa, desain, mengembangkan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan media berdasarkan hasil validitas oleh ahli materi adalah 80% (Valid), oleh ahli media adalah 91,6% (Sangat Valid), dan angket respon siswa dan guru adalah 96,2% dan 88,8% (Sangat Praktis), serta keterlaksanaan pembelajaran adalah 91,6% (Sangat Baik). Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa Cordbar dapat digunakan sebagai media pembelajaran menggunakan model pembelajaran TGT pada materi luas bangun datar karena bersifat valid dan praktis.
Kata Kunci: Media Cordbar, model TGT, luas bangun datar.