PENGEMBANGAN MEDIA TRUTH OR DARE BOARD GAME BERBASIS FOOD ADVENTURE DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Inggrid Novia Prahesti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kegiatan belajar sambil bermain bersama kelompok merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi setiap anak. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengembangkan sebuah media yang bernama Truth or Dare Board Game berbasis Food Adventure dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari media yang dihasilkan, yaitu meliputi aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall yang telah direduksi menjadi tujuh tahapan. Subjek penelitian ini ialah siswa-siswi kelas V dan guru kelas V SDN Jambangan I/413 Surabaya. Media Truth or Dare Board Game berbasis Food Adventure dinilai sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,60 dengan kategori peningkatan sedang serta diperoleh persentase kepraktisan media sebesar 92,4% dari perolehan angket respon siswa dan 91,6% dari perolehan angket respon guru. Media ini juga telah melalui tahap revisi dan validasi sehingga diperoleh persentase kevalidan materi sebesar 90,9% dan kevalidan media sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Truth or Dare Board Game berbasis Food Adventure dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi sistem pencernaan manusia.

Kata Kunci: Media; Truth or Dare Board Game; Sistem Pencernaan Manusia

 

Learning activities while playing with groups is a very fun thing for every child. This has led researchers to develop a media called Truth or Dare Board Game based on Food Adventure for learning the human digestive system. This research aims to assess the feasibility of the resulting media, including validity, practicality, and effectiveness aspects. The type of research conducted is Research and Development using the Borg & Gall development model, which has been reduced to seven stages. The research subjects are fifth-grade students and teachers from SDN Jambangan I/413 Surabaya. The Truth or Dare Board Game based on Food Adventure media is considered highly practical and effective in improving student learning results, as evidenced by an average N-Gain score of 0.60, categorized as a moderate improvement. Additionally, the media obtained a practicality percentage of 96.5% in a small-scale test, 92.4% based on students questionnaire responses, and 91.6% based on teacher questionnaire responses. The media has also undergone revision and validation stages, resulting in a material validity percentage of 90.9% and media validity of 86%, both categorized as highly valid. Therefore, it can be concluded that the Truth or Dare Board Game based on Food Adventure media is highly suitable for use as a learning media which capable to improve understanding and student learning results for the topic of the human digestive system.

Keywords: Media; Truth or Dare Board Game; Human Digestive System

Published
2023-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 97