I Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi serta
mendeskripsikan hasil implementasi pembelajaran berdiferensiasi berupa konten, proses, produk. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil diperoleh melalui asesmen diagnostik gaya
belajar peserta didik di SD Labschool Unesa sebanyak 50% kinestetik, 31% auditori, dan 19% visual. Dari
perlakuan guru mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, memberikan pengaruh yang baik
bagi perkembangan perserta didik. Guru menerapkan metode, pendekatan, strategi beragam kepada pe-
serta didik. Jika dari SDN Medokan Ayu I, diperoleh hasil asesmen diagnostik gaya belajar peserta didik
sebanyak 50% auditori, 30% visual, 20% kinestetik. Perlakuan guru mengimplementasikan pembelajaran
berdiferensiasi, guru menganalisis dengan baik dan tanggap untuk memberikan kebutuhan pembelajaran
kepada peserta didik. Respon peserta didik dari kedua sekolah didapatkan melalui angket, sebanyak 90%
peserta didik merasa nyaman, sesuai kebutuhan serta gaya belajar peserta didik.
Kata Kunci: kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi, bahasa indonesia, kelas iv sekolah dasarĀ
PDF Downloads: 503