I Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman di Kelas IV Sekolah Dasar

  • Siti Riska Umami Universitas Negeri Surabaya
  • Maryam Isnaini Damayanti State University of Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi serta

mendeskripsikan hasil implementasi pembelajaran berdiferensiasi berupa konten, proses, produk. Jenis

penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil diperoleh melalui asesmen diagnostik gaya

belajar peserta didik di SD Labschool Unesa sebanyak 50% kinestetik, 31% auditori, dan 19% visual. Dari

perlakuan guru mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, memberikan pengaruh yang baik

bagi perkembangan perserta didik. Guru menerapkan metode, pendekatan, strategi beragam kepada pe-

serta didik. Jika dari SDN Medokan Ayu I, diperoleh hasil asesmen diagnostik gaya belajar peserta didik

sebanyak 50% auditori, 30% visual, 20% kinestetik. Perlakuan guru mengimplementasikan pembelajaran

berdiferensiasi, guru menganalisis dengan baik dan tanggap untuk memberikan kebutuhan pembelajaran

kepada peserta didik. Respon peserta didik dari kedua sekolah didapatkan melalui angket, sebanyak 90%

peserta didik merasa nyaman, sesuai kebutuhan serta gaya belajar peserta didik.

Kata Kunci: kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi, bahasa indonesia, kelas iv sekolah dasarĀ 

Published
2023-07-24
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 311