PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ”GULALI” MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV DI UPT SDN 87 GRESIK

  • Hesty Indah Nur Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari Mintohari

Abstract

Literasi sains memiliki arti sebagai keterampilan/keahlian yang dimiliki oleh siswa untuk menerapkan pengetahuan apabila dihadapkan pada suatu masalah. Literasi sains sejatinya bukan hanya siswa menguasai materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam saja, akan tetapi literasi sains mengajarkan siswa untuk berpikir kritis serta bertindak berdasarkan metode ilmiah. Karena penguasaan kemampuan literasi sains mampu mendukung pengembangan dan penggunaan kompetensi abad ke-21. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan menggunakan metode ilmiah dan penyeleselesainnya mengikuti alur ilmiah. Literasi sains yang dikolaborasikan dengan pembelajaran berbasis etnosains memunculkan materi Ilmu Pengetahuan Alam Sosial dengan mengangkat materi Indonesiaku Kaya Budaya, dengan topik makanan khas Gresik. Tujuan Penelitian ini untuk mengembangkan membantu meningkatkan pemahaman literasi sains melalui media ”Gulali” pada materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 87 Gresik dengan subjek penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hasil validasi yang didapatkan pada penelitian ini yaitu hasil validasi media 87,5%, validasi materi sebesar 92,5%, hasil ketuntasan belajar sebesar 94,1%, hasil angket repon guru kelas sebesar 93,8% serta hasil angket respon siswa sebesar 90,31%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa media “Gulali” layak digunakan untuk meingkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, media “Gulali”, literasi Sains

Published
2023-07-28
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 90