EKSPLORASI STRATEGI GURU DALAM MEMBANTU PENGETAHUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN NUMERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor kemudian mengetahui strategi guru MIN 1 Kota Madiun dalam membantu pengetahuan siswa pada pembelajaran numerasi materi matematika dasar. Selain itu mengetahui respon siswa terhadap strategi yang digunakan oleh guru selama pembelajaran numerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menganalisis data pada pengumpulan, reduksi, penyajian , dan verifikasi data. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian akan mendeskripsikan serangkaian strategi yang digunakan oleh guru untuk membantu membantu kemampuan hitung numerasi siswa pada pembelajaran numerasi dasar, juga mendeskripsikan respon siswa pada strategi yang digunakan oleh guru. Diperolehnya hasil respon siswa mengenai kemampuan pada penyelesaian numerasi dasar dan respon mengenai bantuan guru.
Kata Kunci: strategi, numerasi, sekolah dasar.
Abstract
This research aims to explore and then find out the strategies of Madiun City MIN 1 teachers in helping students learn numeracy in primary mathematics material. Also, knowing students' responses to teachers' methods during numeracy learning is essential. This study uses a descriptive qualitative approach. The data collection techniques were observation, interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis is done by analyzing data on data collection, reduction, presentation, and verification. The validity of the data was tested using source triangulation. The results of the research will describe a series of strategies used by teachers to help support students' numeracy calculation skills in essential numeracy learning, as well as explain students' responses to the method used by teachers and obtained results of student responses regarding the ability to complete basic numeracy and answers regarding teacher assistance.
Keywords: strategy, numeracy, elementary school.