PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KOMIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Sabna Dhea Irdianis UNESA
  • Suprayitno Suprayitno

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis komik pada pembelajaran IPS dengan materi kondisi georafis Indonesia kelas V Sekolah Dasar memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan E-LKPD IPS berbasis komik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (R&D) dengan model ADDIE. Tahapan pada penelitian ini yakni analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui instrument yang meliputi lembar validasi ahli, angket respon peserta didik dan lembar tes. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa evaluasi dan saran dari validator. Sedangkan pada data kuantitatif didapat dari hasil analisis data melalui lembar validasi para ahli, lembar angket respon peserta didik dan hasil perhitungan N-Gain Score serta ketuntasan belajar peserta didik melalui soal pretest dan posttest. Hasil validasi media diperoleh nilai sebesar 97,5%, dan hasil validasi materi diperoleh nilai sebesar 82,5%, yang termasuk dalam kategori “Sangat Valid”, untuk hasil dari angket respon peserta didik pada saat uji coba lapangan memperoleh nilai sebesar 95% dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” serta persentase ketuntasan belajar peserta didik pada pretest yakni 12,5% dengan kriteria “Sangat Tidak Baik” dan hasil posttest yang diperoleh yaitu 83,33% yang termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Adapun hasil nilai N-Gain yaitu 0,79 yang menunjukkan kriteria “Tinggi” dengan persentase N-Gain 79,44% yang termasuk dalam kategori “Sangat Efektif”. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa E-LKPD berbasis komik pada materi kondisi geografis Indonesia dalam pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar sangat layak, praktis dan efektif untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan E-LKPD, berbasis komik, pembelajaran IPS            

Abstract

Research on the development of comic-based E-LKPD in learning social studies material georaphical conditions of Indonesia grade V Elementary School has a goal to describe the feasibility, practicality and effectiveness of comic-based E-LKPD social studies. This study uses the research method (R&D) with the ADDIE model. The stages of this research are analysis, planning, development, implementation, and evaluation. In this study, data were collected through instruments including expert validation sheets, student response questionnaires and test sheets. The results of this development research are in the form of qualitative and quantitative data. Qualitative data in the form of evaluations and suggestions from validators. Whereas quantitative data is obtained from the results of data analysis through expert validation sheets, student response questionnaires and the results of N-Gain Score calculations and student learning completeness through pretest and posttest questions. The results of media validation obtained a value of 97.5%, and the results of material validation obtained a value of 82.5%, which is included in the "Very Valid" category, for the results of the student response questionnaire during the field trial obtained a value of 95% which is included in the "Very Feasible" category and the percentage of student learning completeness on the pretest is 12.5% which is included in the "Very Not Good" criteria and the posttest results obtained are 83.33% which is included in the "Very Good" criteria. The results of the N-Gain value are 0.79 which shows the criteria "Ting.

Keywords: Development of E-LKPD, based on comics, social studies learning

Published
2023-10-14
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 47