PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MELALUI APLIKASI NEARPOD PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • MAZIYATUS SAIDAH Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Penelitian pengembangan ini dilandasi oleh masalah nyata yang terjadi pada SDN Kalirungkut 1/264 Surabaya. Peserta didik merasa kesulitan memahami proses pembelajaran serta kurangnya wawasan mengenai media pembelajaran dan model pembelajaran pada guru kelas, khususnya, materi IPA sistem pencernaan manusia, peserta didik merasa materi IPA terlalu banyak menggunakan metode hafalan, sehingga peserta didik cepat merasa bosan saat proses pembelajaran. Oleh sebab itu dilaksanakannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Nearpod berbasis android yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun sehingga proses pembelajaran tidak terbatas. Penelitian ini menggunakan metode R&D  (Research and Development) dengan model penelitian pengembangan ADDIE. Pengembangan ADDIE memiliki 5 tahap proses pengembangan, yaitu; analisis, perancangan, pengembangan, impelementasi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran, dimana terdapat data kualitatif dan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas VC SDN Kalirungkut 1/264 Surabaya. Hasil penelitian media iteraktif Nearpod berbasis android mendapatkan tingkat kevalidan dari validasi materi sebesar 86,6% dengan kategori “Sangat Valid” dengan revisi dan validasi media sebesar 96% “Sangat Valid” dengan revisi. Untuk uji kepraktisan didapatkan hasil sebesar 95% pada angket pendidik dan 91,54% pada peserta didik. Selain itu peserta didik dan pendidik memberikan respon yang positif mengenai media Nearpod berbasis android ini dan media pembelajaran Nearpod efektif untuk diimplementasikan kepada peserta didik dengan hasil uji keefektifan sebesar 86,36% dan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik mendapatkan hasil gain score sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Nearpod berbasis android efektif untuk diimplementasikan kepada peserta didik kelas V khsusunya pada materi IPA sistem pencernaan manusia. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Nearpod berbasisi android layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kualifikasi valid, efektif dan praktis pada proses pembelajaran IPA khususnya materi sistem pencernaan manusia .  

Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Nearpod, Sistem Pencernaan Manusia

ABSRACT

This development research is based on real problems that occurred at SDN Kalirungkut 1/264 Surabaya. Students find it difficult to understand the learning process and there is a lack of insight regarding learning media and learning models among class teachers, in particular, science material on the human digestive system. Students feel that science material uses too many rote methods, so students quickly feel bored during the learning process. Therefore, this research was carried out to develop Android-based Nearpod learning media that can be accessed anytime and anywhere so that the learning process is unlimited. This research uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE research and development model. ADDIE development has 5 stages of the development process, namely; analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data analysis technique used in this research is mixed, where there is qualitative and quantitative data. The subjects in this research were 22 students in class VC at SDN Kalirungkut 1/264 Surabaya. The results of research on Android-based Nearpod interactive media obtained a validity level of material validation of 86.6% in the "Very Valid" category with revisions and media validation of 96% in "Very Valid" with revisions. For the practicality test, the results were 95% for the educator questionnaire and 91.54% for the students. Apart from that, students and educators gave positive responses regarding the Android-based Nearpod media and the Nearpod learning media was effective for implementation with students with an effectiveness test result of 86.36% and to improve student learning outcomes, they got a gain score of 0.66. with the medium category. Based on this, it can be said that the Android-based Nearpod learning media is effective for implementation with class V students, especially on science material on the human digestive system. Based on the results of the research analysis, it can be concluded that the Android-based Nearpod media is suitable for use as a learning media with valid, effective, and practical qualifications in the science learning process, especially material on the human digestive system.

Keywords: Interactive Learning Media, Nearpod, Human Digestive System

Published
2023-10-31
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 54