PENGEMBANGAN MEDIA PUZCODE UNTUK PEMBELAJARAN PKN MATERI LAMBANG NEGARA INDONESIA PADA SISWA KELAS 3 SDN GILANG 1 SIDOARJO

  • Akhmad Roziq Robbani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Artikel ini dapat disimpulkan bahwa peneliti menemukan kapasitas hasil belajar siswa kelas 3 sangat rendah khususnya mata pelajaran PKN disebabkan oleh adanya kendala pada pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan temuan observasi online kegiatan pra belajar yang dilakukan siswa kelas 3 SD Gilang I Sidoarjo pada bulan Januari Tahun 2023. Sehingga peneliti ingin merancang strategi dalam proses mengajar pada kelas 3 melalui pengembangan media pembelajaran edukatif berupa puzcode terutama pada pendidikan kewarganegaraan materi lambang negara indonesia (garuda pancasila). Desain dalam penelitian ini adalah model pengembangan ASSURE. Subjeknya sebanyak 20 siswa pada kelas 3 di SDN Gilang 1 Sidoarjo. Instrumen ini terdiri dari instrumen validasi ahli materi, instrumen validasi ahli media, dan lembar angket untuk mengetahui kelayakan media puzcode. Analisis tersebut terdiri dari validasi ahli materi, validasi media, dan tanggapan pengguna . Berdasarkan hasil dan pembahasan tersebut berupa produk media pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berupa media edukatif "Puzcode" materi lambang negara Indonesia sangat efektif dan layak digunakn dalam proses pembelajaran kelas 3 di SDN Gilang 1 Sidoarjo . Hasil ini dapat dilihat dari kevalidan dari validator materi menurut ahli materi dihasilkan sebanyak 94% dengan kategori "valid tanpa revisi" sehingga persentase nilai kriteria "Sangat Layak" yang diperoleh dari hasil angket siswa sebanyak 92.85% sedangkan hasil angket guru sebanyak 83.82%. Dengan demikian media "Puzcode" praktis dan layak dipratekkan dalam pengajaran pada kelas 3 di SDN Gilang 1 Sidoarjo

Published
2023-12-21
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 11