Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Keterampilan Menulis Teks Dongeng Fabel Siswa Kelas III Sekolah Dasar

  • Trera Nabilah Oktaviani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media Buku Cerita Bergambar untuk keterampilan menulis teks dongeng fabel siswa kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Recearch and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas III A berjumlah 6 orang dan kelas III B berjumlah 25 orang. Intrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi media, dan materi, lembar pretest dan posttest, lembar angket siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu skala Likert, skala Guttman dan n-Gain. Media Buku Cerita Bergambar dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks dongeng fabel di kelas III sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil kevalidan media sebesar 93,75% (Sangat valid) dan materi sebesar 87% (Sangat Valid). Kepraktisan media dari hasil angket siswa dan guru sebesar 92% dan 97,6% (Sangat praktis). Keefektifan media berdasarkan hasil tes menunjukkan peningkatan sedang berdasarkan hasil perhitungan n-Gain sebesar 0,5 pada uji coba skala kecil dan n-gain 0,6 pada uji coba skala besar. Dengan kata lain pengembangan media Buku Cerita Bergambar berhasil untuk kemampuan menulis peserta didik, terutama dalam materi teks dongeng fabel.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Cerita Bergambar, Bahasa Indonesia, teks dongeng fabel, media peembelajaran

 

Abstract

The aim of this development research is to produce the validity, practicality and effectiveness of the Picture Story Book media for the skills of writing fable text for grade III elementary school students. This type of research is Research and Development research with the ADDIE development model which consists of five stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. The subjects used were 6 students from class III A and 25 students from class III B. Data collection instruments used media and material validation sheets, pretest and posttest sheets, student and teacher questionnaires. The data analysis techniques used are Likert scale, Guttman scale and n-Gain. The Picture Story Book media is declared valid and can be used in learning to write fable text in class III elementary school. This is proven by the results of media validity of 93.75% (Very valid) and material of 87% (Very Valid). The practicality of the media from the results of the student and teacher questionnaires was 92% and 97.6% (Very practical). Media effectiveness based on test results shows a moderate increase based on the n-Gain calculation results of 0.5 in small-scale trials and n-gain 0.6 in large-scale trials. In other words, the development of Picture Story Book media has been successful for students' writing skills, especially in fable text material.

Keywords: Development, Picture Story Books, Indonesian, fable text, learning media

 

Published
2023-12-28
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 53