PEMANFAATAN KAWASAN EDU WISATA LONTAR SEWU DESA HENDROSARI MENGANTI GRESIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS LITERASI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

  • Adela Fatmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik pembelajaran berbasis literasi lingkungan pada kawasan Edu Wisata Lontar Sewu yang kemudian di integrasikan ke dalam capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka sehingga menjadi sumber belajar untuk mewujudkan siswa yang berliterasi lingkungan di tingkat sekolah dasar. Penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus menjadi pendekatan yang dipilih pada peneitian ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data yang digunakan. Reduksi, penyajian data dan verifikasi menjadi teknik analisis data yang digunakan. Kawasan Edu Wisata Lontar Sewu dapat dimanfaatkan dengan mengimplementasikan prinsip pembelajaran berdasarkan pengalaman, ekspedisi dan proyek. Prinsip ini tentunya sesuai dengan salah satu karakteristik utama dari kurikulum merdeka yaitu pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan softskill dan karakter sesuai profil pelajar pancasila yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. Praktik literasi lingkungan pada kawasan Edu Wisata Lontar Sewu terintegrasi dengan capaian pembelajaran kurikulum merdeka pada kelas rendah dan kelas tinggi yang dapat di implementasikan dalam bentuk rencana belajar (lesson plan ) yang mempromosikan literasi lingkungan.

Kata Kunci: Eduwisata, sumber belajar, literasi lingkungan.

Published
2024-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 17