PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA PENJELAJAH BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI NEGARA-NEGARA ASEAN KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • Candra Wisnu Legawa Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran peta penjelajah berbasis augmented reality dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik agar termotivasi belajar khususnya pada materi negara-negara ASEAN kelas VI SD. Tujuan penelitian pengembangan adalah mendeskripsikan tahapan dalam pengembangan media peta penjelajah berbasis augmented reality beserta dengan kelayakan media melalui uji validasi ahli materi, uji validasi ahli media, uji keefektifan melalui hasi pretest-posttest dan penggunaan angket sebagai uji kepraktisan. Penelitian pengembangan menggunakan jenis penelitian Reaserch and Devolopment (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan. Untuk kelayakan media pembelajaran peta penjelajah berbasis augmented reality didasarkan pada uji validasi oleh ahli materi dengan presentase 84% dan uji validasi oleh ahli media sebesar 90,6%. Hasil analisis pretest-posttest melalui rumusan N-Gain memperoleh nilai 0,53 dengan ketercapaian pemahaman materi rata-rata sebesar 88,89%. Selanjutnya hasil angket respon dari peserta didik memperoleh presentase rata-rata sebesar 90,15%. Berdasarkan pada penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran peta penjelajah berbasis augmented reality masuk pada kriteria sangat valid dan layak untuk digunakan.

Published
2024-03-08
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 19