Eksplorasi Konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Wisata Pasar Barongan Mojotrisno Sebagai Wisata Budaya Kabupaten Jombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep matematika yang ditemukan di Wisata Pasar Barongan Mojotrisno yang dijadikan sebagai konteks dalam soal matematika di sekolah dasar serta mengetahui tanggapan guru sekolah dasar terhadap pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan Wisata Pasar Barongan Mojotrisno. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis data menurut Spradley yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep matematika yang ditemukan pada Wisata Pasar Barongan Mojotrisno yakni konsep geometri bangun datar dan bangun ruang, konsep pengukuran panjang dan sudut pada struktur bangunan bambu. Konsep bilangan pada aktivitas jual beli pengunjung yang menggunakan keping bambu sebagai alat transaksi jual beli. Konsep matematika yang ditemukan dituangkan dalam soal matematika yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika sekolah dasar.
Kata Kunci: Eksplorasi, Konsep Matematika, Sekolah Dasar, Wisata Pasar Barongan Mojotrisno.
Downloads

