PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KADO KEJU (KARTU DOMINO KEGIATAN EKONOMI DAN JENIS USAHA) PADA MATERI JENIS USAHA EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Agniya Kusuma wardani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan permasalahan yang dilakukan di lapangan yaitu guru kurang bisa mengembangkan media yang tepat kepada peserta didiknya. Dengan demikian, guru memerlukan media pengembangan yang alternatif untuk mengatasi permasalahan peserta didik di SD Negeri Karangsono. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu diantaranya: 1. Menguji kevalidan media KADO KEJU pada materi kegiatan ekonomi dan jenis usaha masyarakat Indonesia, 2. Menguji keefektifan media KADO KEJU pada materi kegiatan ekonomi dan jenis usaha masyarakat Indonesia, 3. Menguji kepraktisan media KADO KEJU pada materi kegiatan ekonomi dan jenis usaha masyarakat Indonesia. Penelitian pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE. Subyek uji coba penelitian diantaranya peserta didik dan guru SDN Karangsono. Teknik analisis data yang dipakai berupa angket, observasi, angket, dan tes. Kemudian data diolah dengan data kuantitatif dan kualitatif. Kevalidan media dapat dilihat melalui analisis data yang telah dilakukan dan tingkat signifikansi penggunaaan media KADO KEJU. Media KADO KEJU layak digunaan untuk pebelajaran IPS kelas V materi kegiatan ekonomi dan jenis usaha masyarakat Indonesia dengan memperoleh nilai validasi media sebesar 89%, nilai validasi ahli materi 68%, nilai respon peserta didik 84%, nilai respon guru 93%,dan hasil ketuntasan klasikal memperoleh nilai sebesar 87,5%.

Kata Kunci: Media KADO KEJU, Hasil Penelitian, Ekonomi.

Published
2024-03-08
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 13