Pengembangan Media Pembelajaran LACACA pada Materi Pengenalan Bilangan Pecahan Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini ialah penelitian pengembangan terhadap media pembelajaran sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Flash Card Pecahan (LACACA) pada materi pengenalan bilangan pecahan kelas III sekolah dasar serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Flash Card Pecahan (LACACA) pada materi pengenalan bilangan pecahan kelas III sekolah dasar. Model ADDIE dengan empat tahapan yang disertai evaluasi di setiap pelaksanaan tahapannya diterapkan dalam penelitian pengembangan ini. Kelayakan dari media pembelajaran LACACA ditinjau dari tiga aspek, yaitu kevalidan materi dan media dari hasil validasi para ahli sesuai dengan bidangnya, kepraktisan dari hasil pengisian kuesioner peserta didik, serta keefektifan dari hasil pengerjaan lembar pre-test dan post-test oleh peserta didik. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa hasil validasi materi ialah 97% dengan kategori sangat valid, hasil validasi media ialah 88% dengan kategori sangat valid, hasil kepraktisan ialah 100% dengan kategori sangat praktis, serta hasil keefektifan menyatakan nilai gain 0,79 dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwasanya media pembelajaran LACACA ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi pengenalan pecahan kelas III sekolah dasar.
Downloads

