Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Berintegrasi Self-Regulated Learning pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Media pembelajaran berperan penting dalam membangkitkan semangat dan motivasi diri peserta didik. Oleh karena itu, sangat penting bagi pendidik untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif, menarik, interaktif, dan mengikuti perkembangan zaman. Penting bagi peserta didik untuk belajar memanajemen dan mengatur strategi belajarnya sendiri. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline berintegrasi self-regulated learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil validasi produk pengembangan sangat valid dengan presentase 82,86% dari ahli materi dan 82,22% dari ahli media. Dari hasil kepraktisan dikategorikan sangat praktis dengan presentase 93,68% dari respon guru dan 97,44% dari respon peserta didik. Dari hasil keefektifan dikategorikan sangat tinggi berdasarkan hasil ketuntasan yang meningkat dari 61,5% menjadi 92,3% dan dari perolehan N-gain sebesar 0,87 atau 87%.
Kata Kunci: manajemen waktu, media interaktif, pembelajaran mandiri
Downloads

