Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Digital Materi Peta Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Tantangan abad 21 dan revolusi industri 4.0 mengharuskan adanya perubahan-perubahan di segala aspek kehidupan. Tidak terkecuali dalam bidang pendidikan, seiring lajunya perkembangan IPTEK memicu transformasi pendidikan abad 21 yang tidak lepas dari peran teknologi pada pelaksanaan pembelajaran sebagai tuntutan yang harus dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan khususnya di Indonesia. Pemanfaatan teknologi tepat guna perlu diperhatikan supaya pendidikan di tanah air dapat bersaing secara global dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat dibentuk dengan mencetak pelajar yang tidak buta akan teknologi. Peran teknologi dapat digunakan saat pembelajaran yang terintegrasi pada penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan serangkaian observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Tanah Kalikedinding II/252 Surabaya, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya, dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah serta pemanfaatan media berupa video pembelajaran yang di unduh oleh guru melalui YouTube. Pengembangan media interaktif berbasis aplikasi digital bertujuan untuk memberikan kesempatan peserta didik untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS materi peta. Dan memberikan variasi media berbasis aplikasi digital untuk digunakan pada saat proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan model penelitian yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation) berfokus menghasilkan produk berupa media interaktif serta menguji kevalidan, kepraktisan, keefektifan produk. Penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa media interaktif berbasis aplikasi digital. Kevalidan produk yang dihasilkan mendapat penilaian oleh ahli materi sebesar 96,25% dan 80% oleh ahli media dan dinyatakan valid, kepraktisan produk mendapat penilaian sebesar 95,3% oleh peserta didik sebagai responden dan dinyatakan praktis, dan keefektifan produk mencapai 0,772 dinyatakan efektif.
Downloads

