EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA TRADISI KENDUREN WONOSALAM PADA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA DI SD DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM MERDEKA 

  • Sonia Ella Noer Aini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Indonesia memiliki aneka ragam budaya, salah satunya adalah tradisi yang masih berkembang di masyarakat. Dalam pelaksanaan tradisi yang ada tentunya tidak lepas dari penerapan ilmu matematika yang sudah diajarkan sejak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya konsep matematika khususnya aktivitas membilang pada tradisi KenDuren Wonosalam yang dikaitkan dengan capaian pembelajaran di SD. Selain itu, penelitian ini mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan KenDuren Wonosalam untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data penelitian ini didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya konsep matematika khususnya elemen bilangan pada tradisi KenDuren, yaitu ditemukan adanya konsep operasi hitung bilangan, bilangan cacah, dan pecahan. Implementasi pembelajaran etnomatematika tradisi KenDuren dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan kontekstual, sehingga siswa lebih tertarik dengan pembelajaran yang melibatkan pembelajaran yang dekat dengan siswa.

Published
2024-03-21
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 10