Pengembangan Media Kartu Huruf Bergambar Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Kelas I Sekolah Dasar

  • Anggi Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pengembangan media kartu huruf bergambar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I di sekolah dasar. Evaluasi terhadap penggunaan kartu tersebut dilakukan dengan menggunakan angket yang diisi oleh pendidik dan siswa. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat efektivitas kartu huruf bergambar sebesar 96%, sementara kepraktisan penggunaannya mencapai 94%. Nilai N-gain sebesar 0,763686491 menunjukkan bahwa penggunaan media ini sangat berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan kartu huruf bergambar telah berhasil mencapai tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I di sekolah dasar.

Kata Kunci: Pembelajaran membaca permulaan, Kemampuan membaca

 

Abstract

The development of picture letter cards aims to improve the reading skills of grade I students in elementary schools. Evaluation of the use of the card is carried out using a questionnaire filled out by teachers and students. The evaluation results show that the effectiveness level of picture letter cards is 96%, while the practicality of their use reaches 94%. The N-gain value of 0.763686491 shows that the use of this media is very successful in improving students' reading abilities. Thus, it can be concluded that the development of picture letter cards has succeeded in achieving a high level of validity, practicality and effectiveness in improving the reading ability of class I students in elementary schools.

Keywords: Beginning reading learning, reading ability

Published
2024-04-03
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 15