PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS QR CODE PETUALANGAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Erlinda De Lou Zaviti, Julianto

  • Erlinda De Lou Zaviti Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Julianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Pembelajaran IPA khususnya materi sistem pencernaan pada manusia di SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya berpusat kepada guru dengan menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE dan menghasilkan produk berupa media ular tangga berbasis QR Code petualangan pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media ular tangga berbasis QR Code petualangan. Tujuan khususnya adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media yang dikembangkan. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa, lembar pretest dan posttest. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga berbasis QR Code petualangan sangat valid digunakan dengan persentase 92% validasi media, dan 90% validasi materi. Media ini dikategorikan sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 95% dari guru dan 98% dari siswa. Perhitungan N-Gain sebesar 0,6 menunjukkan peningkatan “sedang” terhadap hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media ular tangga berbasis QR Code petualangan pada materi sistem pencernaan manusia layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Media ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran interaktif. Namun, guru harus memperhatikan aksesibilitas QR Code dan kompatibilitas smartphone siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media serupa di berbagai materi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Kata Kunci: Media Ular Tangga, QR Code, Sistem Pencernaan Manusia, Hasil Belajar.

  

Abstract

This research is motivated by the low learning outcomes of students in natural sciences, specifically in the topic of the human digestive system. Science learning, especially on the human digestive system at SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya, is teacher-centered, employing lecture methods and only using visual aids. This study adopts a development research approach with the ADDIE model, resulting in a product in the form of an adventure-based QR Code snake ladder media on the topic of the human digestive system to enhance the learning outcomes of fifth-grade elementary students in Natural Sciences. The general objective of this research is to determine the feasibility of the adventure-based QR Code snake ladder media on the human digestive system topic, which can be used to improve the learning outcomes of fifth- grade elementary students in Natural Sciences. The specific objectives are to determine the validity, practicality, and effectiveness of the developed media. The research subjects consist of 20 fifth-grade students from SDN Babat Jerawat II/498 Surabaya. Data collection instruments include media and material validation sheets, teacher and student response questionnaires, pretest, and posttest sheets. The collected data were analyzed using descriptive percentage data analysis techniques and N-Gain. The research findings show that the adventure-based QR Code snake ladder media is highly valid with a 92% media validation rate and a 90% material validation rate. This media is considered highly practical with a 95% practicality rate from teachers and a 98% rate from students. The N-Gain calculation of 0.6 indicates a moderate improvement between pretest and posttest results. Based on these analyses, it can be concluded that the adventure-based QR Code snake ladder media on the human digestive system topic is suitable for enhancing the learning outcomes of fifth-grade elementary students in Natural Sciences. This media can be utilized as an interactive learning tool. However, teachers should pay attention to QR Code accessibility and students' smartphone compatibility. Further research is encouraged to develop similar media on various topics to enhance students' self-confidence.

Keywords: Snake Ladder Media, QR Code, Human Digestive System, Learning Outcomes.

Published
2024-04-04
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 8