TARI TURONGGO YAKSO KABUPATEN TRENGGALEK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI SISWA SEKOLAH DASAR

  • Hardika Nifail Kurniawan Surabaya State University
  • Suprayitno Suprayitno Surabaya State University

Abstract

Etnopedagogi adalah pendekatan pembelajaran yang mempelajari budaya dan mengintegrasikannya sebagai bagian dari proses dan sarana pembelajaran yang melibatkan berbagai bidang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat Tari Turonggo Yakso sebagai bagian dari warisan budaya Kabupaten Trenggalek, serta muatan materi yang terdapat dalam tarian tersebut sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi, dan untuk menghubungkan Tari Turonggo Yakso dengan pembelajaran di sekolah dasar yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen untuk mengumpulkan data. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Tari Turonggo Yakso ditemukan memiliki banyak komponen materi, termasuk Matematika, Bahasa Indonesia, IPAS, Pendidikan Pancasila, dan Seni Tari. Materi yang terdapat dalam Tari Turonggo Yakso diintegrasikan ke dalam pembelajaran di sekolah dasar sebagai bagian dari pembelajaran, dan dapat disesuaikan menjadi model pembelajaran Webbed dan Connected.

Published
2024-04-04
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 8