Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Norma Kelas 5 SD

  • Devi Nur Azizah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian pada artikel ini dilakukan dengan tujuan menguji bagaimana keefektifan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar pendidikan pancasila materi norma kelas 5 sekolah dasar serta mengurai respon peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian eksperimen yang digunakan adalah jenis rancangan non-equivalent control group design, melalui jenis penelitian ini pemilihan kelas eksperimen serta kelas kontrol langsung ditentukan berdasarkan kriteria pada awal penelitian. Beberapa teknik penelitian yang dipakai selama proses penelitian terdiri atas tes yang dibagi menjadi pretest dan post-test kemudian terdapat 2 angket, angket pertama berguna mengetahui gaya belajar setiap peserta didik sedangkan angket kedua berguna mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Apabila melihat dari hasil analisis data penelitian ini menunjukkan tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas Ⅴ SD pada pendidikan pancasila materi norma yang dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,137 ≥ 2,0048 menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, hasil belajar yang ditunjukkan kelas eksperimen mengalami peningkatan yang tergolong tinggi dibanding hasil belajar kelas kontrol yang dapat dilihat melalui rata-rata post-test di kelas eksperimen berada pada 85,24 dan di kelas kontrol berada pada 76,67 serta hasil uji N-Gain sebesar 0,7261. Hasil respon peserta didik menunjukkan sangat tertarik terhadap strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diketahui melalui presentase rata-rata sebesar 87,68%.

Published
2024-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 16 PDF Downloads: 0