PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ASTARYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD

  • Hesti Dwi Kusumastuti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penggunaan media pembelajaran cenderung kurang variatif, guru masih mengandalkan media konvensional ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru menggunakan media pembelajaran konkret pada materi tertentu. Penting untuk menggunakan media pembelajaran yang selaras dengan karakteristik materi yang disampaikan.  Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA yaitu Sistem Tata Surya AhaSlides. Media ASTARYA ini berupa Power point interaktif yang berbantuan web AhaSlides dalam penyajiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. Metode enelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian pada independent t-test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, yaitu 7,578 > 2,021. Nilai signifikansi (2-tailed) juga menunjukkan 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan pada N-Gain Score kelas kontrol 24,242% atau24%, sedangkan nilai N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 59,577% atau 60%. Dari hasil N-Gain Score tersebut, dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis ASTARYA terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. 

Published
2024-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 5