Pengaruh Metode Jolly Phonics Berbantuan Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Inggris Siswa Kelas I Sekolah Dasar

  • Windha Ana Sevia State University of Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan bahasa inggris siswa kelas 1 sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan bahasa inggris siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif, dengan desain penelitian quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas eksperimen (1B) dan kelas kontrol (1C) yang masing-masing berjumlah 24 siswa. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil pretest dan posttest yang di uji menggunakan sample independent test dan diperoleh hasil thitung sebesar 3,871 sehingga nilai thitung 3.817 > 2.012 ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan metode jolly phonics berbantuan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan bahasa inggris siswa kelas 1 sekolah dasar.

Kata Kunci: jolly phonics, kartu kata, membaca permulaan

Published
2024-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 7