PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PROGRAM HOMESTAY SD SEKOLAH ALAM INSAN MULIA

  • Rosa Wijayantis Unesa

Abstract

Dampak covid-19 mengharuskan siswa sekolah daring dirumah banyak perubahan dari siswa terutama adalah pada aspek keterampilan sosial. Perubahan tersebut dirasakan oleh guru kelas 6 mengingat bahwa siswa kelas 6 pada tahun 2023 merupakan siswa yang mengalami dampak pembelajaran daring paling lama dari kelas 2 hingga kelas 5 sehingga masih terdapat siswa yang perlu dikembangkan keterampilan sosialnya. Adapun upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa yang perlu dikembangkan yaitu dengan melaksanakan program homestay. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami secara mendalam pelaksanaan Program Homestay di Sekolah Dasar Alam Insan Mulia, mendeskripsikan secara mendalam pengalaman siswa selama Program Homestay dalam konteks interaksi sosial dengan keluarga tuan rumah dan menganalisis dampak Program Homestay terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studikasus. Adapun hasil yang didapat bahwa pelaksanaan program homestay yang di SD Sekolah Alam Insan Mulia terdapat persiapan awal yang berisikan perencanaan program yang disesuaikan dengan tujuan program. Dalam pelaksanaaan program homestay banyak sekali kegiatan yang memfasilitasi perkembangkan keterampilan sosial siswa sehingga menyebabkan dampak peningkatan keterampilan sosial siswa. Dari banyaknya kegiatan saat pelaksanaan program homestay menumbuhkan perasaan siswa juga bermacam macam tergantung dengan pengalaman yang siswa dapatkan.

Kata Kunci: Program Homestay, Keterampilan sosial, Siswa kelas 6

Published
2024-04-13
Section
Articles
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 3