Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Muatan IPS SD

  • Naomi Marcella Sulistyo Putri unesa
  • Putri Rachmadyanti UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Problematika pembelajaran IPS di SD yaitu guru masih menggunakan metode ceramah dan hafalan sehingga guru menyamaratakan pembelajaran di kelas. Padahal setiap peserta didik memiliki karakteristik yang beragam dalam belajar. Hal tersebut menyebabkan ketertarikan siswa terhadap mata pelajar IPS menurun dan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Salah satu pendekatan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru menerapkan pembelajaran diferensiasi supaya peserta didik tertarik dan nyaman saat pembelajaran sebab pembelajaran diferensiasi mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik sehingga dapat meningkatkan suatu keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian tertulis yakni untuk mengetahui pengalaman penerapan pembelajaran berdiferensiasi, makna pembelajaran berdiferensiasi bagi guru guna meningkatkan suatu keterampilan berpikir kritis siswa dan menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran IPS di SD. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data dilaksanakan yakni triangulasi dengan menggabungkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di kelas VB SDN Banjarsugihan 2 Surabaya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya guru berpengalaman dan kompeten dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi karena mengikuti pelatihan, komunitas belajar dan narasumber webinar. Guru memaknai pembelajaran berdiferensiasi sebagai pembelajaran yang nyaman dan memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan karakteristik yang beragam. Guru melaksanakan pembelajaran diferensiasi dengan diintegrasikan dengan model pembalajaran Cooperative Learning Tipe TPS dan memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis.

Published
2024-04-18
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 5