GRISSEEPOLY : MEDIA MONOPOLI BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI ELEMEN BILANGAN FASE B DI SEKOLAH DASAR

  • Isna Rahmah Syaharani Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation) di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan media Grisseepoly pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas IV sekolah dasar, mengetahui kelayakan yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media, dan mengetahui respon pendidik serta peserta didik dalam penggunaan media Grisseepoly. Media Grissepoly dinilai valid sesuai hasil validasi ahli materi dan ahli media sebesar 80% dan 96% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan diperoleh dari lembar angket respon pendidik dan peserta didik, keduanya memperoleh nilai 97,5% dan 94,3% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media Grisseepoly dilihat dari perubahan peserta didik berdasarkan nilai pre test dan post test yang diuji dengan metode N- gain yang menghasilkan skor 0,9 dengan kategori tinggi atau efektif. Berdasarkan pendelitian ini respon pendidik dan peserta didik sangat positif dimana pada lembar angket respon Aspek dengan perolehan presentase tertinggi adalah aspek 5 dan 6 yang berbunyi Mampu meningkatkan semangat dan minat saya dalam pembelajaran matematika (aspek 5) dan Belajar lebih menyenangkan dengan media Grisseepoly (aspek 6). Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwasanya media Grisseepoly ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran materi operasi hitung bilangan cacah kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Grisseepoly, Pengembangan Media, Operasi Hitung

Published
2024-04-25
Section
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 0