PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Sindi Dwi Rusidayanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah tipe pembelajaran  kooperatif  yang melibatkan permainan membuat pasangan dengan memanfaatkan kartu dalam menentukan pasangan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tersebut pada penguasaan kosakata Bahasa Inggris sekolah dasar terutama pada materi How Do You Go to School? di kelas IV sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantiatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Metode tes dengan instrumen berupa pretest dan posttest digunakan dalam teknik pengambilan data. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan Mann Whitney yang termasuk dalam uji non parametrik dengan berbantukan program SPSS25. Hasil pengujian menunjukkan nilai Asymp,Sig,(2-tailed) kurang dari  0,05 yaitu 0,014 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat dinyatakan adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Uji peningkatan penguasaan kosakata  dilakukan dengan Uji N-Gain dengan perolehan skor N-Gain 0,70 pada kelas eksperimen yang menunjukkan hasil peningkatan ada pada kategori tinggi.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, make a match, kosakata,

Published
2024-05-03
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 1