Pengembangan Media Pembelajaran NONANE (Kartu Domino Jajanan Indonesia) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas I Sekolah Dasar
Abstract
Kelas 1 merupakan tahap peralihan bagi peserta didik dari dunia Taman Kanak-Kanaknya menuju Sekolah Dasar. Tahap ini merupakan tahap operasional konkirt yang ditandai dengan karakter peserta didik yang sudah mulai berfikir secara teorganisir dan rasional, namun hanya dapat menerapkan logikannya pada objek fisik saja dikarenakan saraf otaknya yang belum matang sepenuhnya. Peneliti mengembangkan media pembelajaran Nonane (Kartu Domino Jajanan Indonesia) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas I Sekolah Dasar dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media melalui tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan. dan keefektifan. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan ADDIE .Adapun hasil dari validasi media sebesar 91 %, validasi materi sebesar 84.% dan validasi lembar pretest dan posttest sebesar 87.5%. Kepraktis diukur berdasarkan hasil lembar kuisioner pengguna yang sebesar 92% dan lembar kuisioner guru sebesar 94.4%. Keefektif diukur berdasarkan hasil pretes-dan posttes mendapatkan nilai N-gain sebesar 86%.