EKSPLORASI PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH 3R PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar bagi siswa kelas V bisa diwujudkan melalui berbagai cara, salah satunya melalui pembelajaran IPAS, Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah mengenalkan konsep pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan pengelolaan sampah 3R pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pendekatan ini dipilih karena tujuannya adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang suatu fenomena spesifik, yakni praktik pengelolaan sampah 3R sebagai bagian dari upaya pendidikan karakter peduli lingkungan di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan pengelolaan sampah 3R pada pembelajaran IPAS siswa dapat mengetahui cara mengelola sampah dengan baik dan benar terutama sampah plastik, Keterlibatan siswa secara aktif dalam praktik pengelolaan sampah 3R saat pembelajaran IPAS dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang relevan dan signifikan bagi mereka. Hal ini dapat mempercepat pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan. Selain itu, melalui keterlibatan ini, siswa juga dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan, seperti praktik penghematan air dan menjaga kebersihan lingkungan.
Kata Kunci: pendidikan karakter peduli lingkungan, pengelolaan sampah 3R, pembelajaran IPAS
Downloads

