PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU TRANSFORMER (TRANSFORMASI ENERGI) PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Media Kartu Transformer (Transformasi Energi) merupakan kartu permainan yang cara bermainnya memakai konsep couple card untuk mempelajari konsep perubahan bentuk energi yang disertai dengan melakukan percobaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Kartu Transformer. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan tahap penelitian, diperoleh data kevalidan media yaitu 94% dengan kategori sangat valid, persentase data kevalidan materi sebesar 90% dengan kategori sangat valid, data kepraktisan media sebesar 92% dengan kategori sangat praktis, dan berdasar data hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 92%. Hasil uji non parametrik wilcoxon mendapatkan Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara data pre-test dan post-test peserta didik setelah menggunakan media Kartu Transformer. Hasil perhitungan skor N-Gain mendapatkan skor sebesar 0,55 degan kategori peningkatan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Kartu Transformer pada materi perubahan bentuk energi praktis saat digunakan dan efektif dalam meningkatkan pemahaman serta hasil belajar peserta didik kelas IV SD.
Downloads

