ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengimplementasian program literasi sekolah pada pembiasaan membaca untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa, khususnya dalam keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III dalam konteks implementasi program literasi sekolah dengan pembiasaan membaca, dan menjelaskan hambatan-hambatan yang dialami siswa kelas III dalam membaca pemahaman beserta solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara, angket dan observasi, dapat diketahui bahwa siswa kelas III memiliki keterampilan membaca pemahaman yang berbeda-beda. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya beberapa hambatan yang dialami siswa dalam keterampilan membaca pemahaman, seperti siswa yang belum menguasai keterampilan membaca dengan lancar, mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibaca, sulit memahami isi bacaan, dan menghadapi kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks. Dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut, guru telah menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang terarah. Strategi-strategi tersebut antara lain meliputi pengenalan huruf dan bunyi, pemilihan bahan bacaan yang sesuai, serta pemberian dukungan individual kepada siswa. Diharapkan dengan pendekatan ini, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami isi bacaan dan meresponsnya dengan baik.
Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Membaca Pemahaman, Program Literasi Sekolah.
Downloads
Abstract views: 443
,
PDF Downloads: 654

