Pengembangan Media Indonesian Adventure Board Materi Keberagaman untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa di SDN Keputran VI/337 Surabaya. Tujuan dari penelirian ini adalah untuk membuktikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Indonesian Adventure Board dalam mengerjakan materi keberagaman yang ada di Indonesia pada kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysze, design, develop, implementation, evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas V SDN Keputran VI/337 Surabaya. Instrument pengumpulan data meliputi lembar validasi, angket, dan pretest posttest. Analisis data dilakukan dengan menghitung kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media tersebut. hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan 87,5% dari ahli media dan 82,5% dari ahli materi dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media dinilai berdasarkan angket respon siswa sebesar 93,5% dengan kategori sangat praktis. Efektivitas media dilihat dari hasil pretest-postest yang menunjukkan tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 85% serta peningkatan belajar melalui N-Gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa media Indonesian Adventure Board layak digunakan dalam pembelajaran.
Downloads

