PEMBUATAN KERAJINAN DAMAR KURUNG SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang jarang diajarkan tentang kearifan lokal di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya pelestarian kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan membuat kerajinan damar kurung. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif untuk memahami secara mendalam suatu fenomena yang memiliki konteks tertentu, yaitu kegiatan membuat damar kurung sebagai cara untuk memperkenalkan kearifan lokal Gresik sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan membuat kerajinan damar kurung ini peserta didik dapat menjadi lebih mengenal damar kurung sebagai kearifan lokal khas Gresik. Peran aktif peserta didik dalam kegiatan pembuatan damar kurung dapat memberikan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna bagi peserta didik. Ini memungkinkan peserta didik untuk memahami materi lebih cepat dan menunjukkan dimensi profil pelajar Pancasila dalam enam dimensi.
Kata Kunci: damar kurung, kearifan lokal, projek penguatan profil pelajar Pancasila
Downloads

