Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Nearpod Untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Struktur Bumi Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • DWI SUKHRIYAH AGGRAENI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Era modern ini pendidik harus memiliki kemampuan untuk membuat kegiatan belajar menjadi menarik dan mengasyikkan dengan menyediakan media pembelajaran yang berfokus pada siswa sehingga mengarah pada teknologi. Salah satunya yaitu multimedia interaktif berbasis Nearpod. Pemilihan media pembellajaran multimedia interaktif berbasis Nearpod ini dikarenakan media pembelajaran multimedia interaktif Nearpod yang berbasis website dapat menggabungkan beberapa gambar, suara, teks bahkan dokumen yang dapat terintegrasi dalam satu platform. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, 1) Kevalidan, 2) Kepraktisan dan 3) Keefektifan suatu media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carrey dengan memiliki 5 prosedur yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil penelitian pengembangan ini media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Nearpod valid digunakan dalam pembelajaran dengan presentase media 93% dan materi 87%, sangat praktis dengan presentase 92% untuk peserta didik dan 94% untuk guru, sangat efektif dalam peningkatan hasil belajar diperoleh N-Gain sebesar 69,03 yang berkategori tinggi. Disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif berbasis Nearpod layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur bumi kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 98